Berita Ekonomi/bisnis

Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis Anda – Bagi sebagian orang, mendirikan bisnis adalah ide yang menggoda tidak peduli besar atau kecilnya. Saat membangun bisnis, Anda membutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar bisnis Anda bisa berkembang dan terus menghasilkan keuntungan.

Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Sumber : logique.co.id

freedomfchs – Selain itu, Anda harus menyesuaikan anggaran Anda. Jika Anda tidak memiliki banyak anggaran, sebaiknya mulai bisnis kecil sebelum akhirnya mengubah bisnis Anda menjadi bisnis besar.

Dalam memasarkan suatu produk, ada istilah yang disebut biaya pemasaran. Dalam arti sempit, biaya pemasaran mengacu pada biaya penjualan produk atau membawa produk ke pasar. Biaya ini harus diperhatikan karena akan mempengaruhi harga pokok penjualan produk.

Contoh biaya pemasaran antara lain biaya iklan, biaya pemeliharaan, gaji wiraniaga, komisi, sewa gudang, dll. Umumnya semakin besar bisnis yang Anda kelola, semakin besar pula biaya yang dikeluarkan. Bagaimana dengan bisnis kecil? Bisakah biaya pemasaran dikurangi atau bahkan dihilangkan?

Dengan modal yang sangat sedikit bukan berarti pilihan anda terbatas, banyak sekali jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang sangat sedikit. Tentunya bantuan teknologi internet akan berperan penting dalam bisnis Anda. Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk teknik pemasaran, sehingga Anda bisa menjual produk tanpa membuka toko fisik. Jika Anda baru memulai bisnis, ini bisa meminimalkan biaya.

Bahkan jika Anda memulai bisnis dengan modal kecil, Anda pasti ingin mengembangkan bisnisnya ke skala yang lebih besar. Di bawah ini adalah Strategi Pemasaran Untuk Mengembangkan Bisnis Anda.

1. Membangun Brand yang Kuat

Sumber : jagoanhosting.com

Membangun merek adalah salah satu hal utama yang perlu Anda bangun sejak awal operasi. Sekalipun skala bisnis Anda masih kecil, Anda harus mulai membangun image yang baik dan meningkatkan brand awareness agar orang tahu apa yang Anda lakukan. Mulailah dengan memperkenalkan identitas merek kepada calon pembeli melalui media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Identitas merek yang sudah mapan harus berisi informasi tentang produk yang dijual, apa tujuan bisnis Anda, dan persaingan bisnis Anda saat ini. Beri tahu calon pembeli keunggulan bisnis Anda dan berikan alasan mengapa calon pembeli harus membeli produk Anda.

Jangan lupa, Anda juga perlu membuat hal-hal unik yang berbeda dari kompetitor Anda. Ini bertujuan untuk menarik calon pembeli dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Alasannya, branding tidak hanya terkait dengan logo dan slogan, tetapi juga bagaimana pelanggan memandang bisnis Anda sebagai merek tepercaya.

Baca juga : 6 Anak-anak Yang Jadi Pembunuh Sadis

2. Membuat Logo yang Menarik

Sumber : jurnalweb.com

Jika Anda memiliki citra merek yang bagus, bagus juga logo yang mewakili merek Anda juga bagus dan menarik. Karena bagaimanapun, logo tersebut akan tetap mempertahankan identitas korporat Anda. Logo harus menarik dan mengandung makna yang dapat mewakili bisnis Anda.

Anda dapat mencari bantuan dari desainer grafis lepas untuk mendapatkan nasihat tentang logika, karena desain grafis pasti lebih tahu tentang membuat logo. Diskusikan bagaimana logo tersebut sesuai dengan bisnis Anda dan buat logo unik dengan warna yang menarik. Dengan logo yang menarik, otomatis calon pembeli akan tertarik untuk mencari produk yang Anda tawarkan.

3. Menulis Konten Sebagai Strategi Marketing

Sumber : anduanim.com

Internet merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk menerapkan strategi pemasaran untuk bisnis Anda, apalagi jika bisnis yang Anda bangun adalah bisnis kecil. Melalui Internet, Anda dapat membangun kesadaran merek tentang bisnis Anda dan mempromosikan produk yang Anda jual.

Salah satunya adalah dengan membuat blog di situs komunitas dengan cara yang menarik dan kemudian menyertakan link ke bisnis Anda. Cara ini adalah strategi pemasaran yang paling murah dan efektif. Anda bisa mulai menulis konten tentang bisnis Anda melalui forum komunitas atau dari media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Anda dapat melakukannya sendiri atau menyewa penulis konten lepas untuk menulis produk di forum online.

4. Gunakan Facebook Ads

Sumber : elitemarketer.id

Selama ini media sosial masih menjadi media paling efektif untuk mengembangkan pasar bisnis Anda. Salah satu media sosial yang bisa Anda gunakan adalah Facebook. Pengguna Facebook Indonesia terbesar keempat di dunia, mencapai 130 juta orang. Buat akun untuk bisnis Anda di Facebook sehingga Anda dapat menunjukkan kepada calon pembeli produk yang Anda tawarkan. Untuk membuat halaman bisnis Anda populer di kalangan pengguna Facebook, ada baiknya menggunakan Iklan Facebook .

Iklan Facebook adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menampilkan profil perusahaan Anda di halaman akun pengguna lain. Jika Anda menggunakan fitur ini maka peluang mendapatkan subscriber akan lebih besar, karena menggunakan fitur ini bisa menarik banyak pengguna Facebook. Kekurangannya adalah Anda harus membayar biaya yang disesuaikan berdasarkan klik dan tampilan halaman, sehingga Anda perlu menyiapkan anggaran tersendiri untuk menggunakan Facebook Ads.

5. Lakukan Riset Pasar

Sumber : ekonomi.bunghatta.ac.id

Tren pasar selalu berubah, jadi Anda harus rajin melakukan riset kecil-kecilan. Tujuannya agar Anda dapat memahami seberapa puas pelanggan dengan produk Anda dan mengetahui tren apa yang disukai pasar. Dengan cara ini, Anda bisa menentukan arah bisnis Anda.

Setiap bisnis memiliki karakteristik pasar yang berbeda, sehingga sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset pasar. Setelah memahami tren yang disukai pasar, tentunya akan lebih mudah untuk menentukan strategi dan konten pemasaran ke depan, sehingga setiap strategi pemasaran yang Anda terbitkan dapat diposisikan dengan benar. Tujuan akhirnya tetap sama, yaitu daya saing Anda di antara perusahaan sejenis tidak akan berkurang.

6. Manfaatkan Media Sosial

Sumber : elitemarketer.id

Tidak hanya dari Facebook, tetapi Anda dapat menggunakan platform media sosial apa pun untuk memaksimalkan strategi pemasaran bisnis Anda. Berbagai platform media sosial bisa Anda manfaatkan sebagai sarana promosi, seperti Instagram, Twitter, bahkan YouTube.

Sejauh ini, Instagram merupakan platform paling efektif untuk mempromosikan perkembangan bisnis Anda. Dengan Instagram, Anda dapat dengan mudah memamerkan produk Anda dengan mengunggah foto ke akun Anda dan menggunakan tag untuk membuatnya terlihat oleh banyak orang. Jangan lupa untuk menambahkan judul yang jelas dan informasi yang lengkap pada produk Anda agar calon pembeli tidak perlu bertanya terlalu banyak.

Untuk bisnis kecil, platform ini terbukti menjadi alat pemasaran yang sangat efektif dan murah. Jika Anda ingin meningkatkan visibilitas, Anda dapat menggunakan iklan Instagram untuk membuat produk Anda muncul di sumber pengguna lain, tetapi ini adalah fitur berbayar.

7. Evaluasi Bisnis Anda

Sumber : 8thinktank.co.id

Mengevaluasi bisnis juga menjadi strategi pemasaran yang perlu Anda lakukan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk melihat arus bisnis, apakah menurun atau meningkat. Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi laporan tahun ini. Pelaporan adalah metode evaluasi yang efektif.

Jika terjadi penurunan, Anda harus segera mencari cara baru untuk menjadi strategi pemasaran yang akan Anda gunakan. Jika Anda meningkat, Anda juga harus mencari tahu apa yang benar-benar disukai pasar sehingga Anda dapat memaksimalkan pasar. Ini harus dilakukan secara rutin agar bisnis Anda berjalan seperti yang diharapkan.

Strategi pemasaran memang merupakan hal yang penting. Satu hal penting yang harus diperhatikan saat mendirikan bisnis adalah aliran dana. Dengan berjalannya waktu, masalah keuangan tidak lagi dilakukan secara manual. Kini, Anda bisa menggunakan banyak software akuntansi untuk mempermudah urusan keuangan bisnis, salah satunya diary.

Baca juga : 10 Cara Memasaran Produk Secara Online

8. Tawarkan Program Refferal

Sumber : gateway-staffing.com

Dalam dunia bisnis, referral atau program keanggotaan sangatlah umum. Strategi pemasaran ini bahkan bisa menghasilkan potensi pendapatan hingga puluhan juta rupiah per bulan bagi seseorang dengan menjual propertinya.

Apakah Anda siap untuk menyisihkan sebagian dari keuntungan penjualan dan mendistribusikannya ke kontributor yang menandatangani referal?

9. Ikut Acara Pameran / Networking

Sumber : rumahku.com

Tidak peduli seberapa cepat perkembangan gadget dan teknologi, strategi pemasaran yang dikembangkan melalui jaringan dan kegiatan pameran akan mendatangkan banyak pembeli potensial ke bisnis Anda.

Hal ini bukannya tidak masuk akal, salah satu penyebabnya adalah masih banyak orang yang masih lebih nyaman melihat produk dan konsultasi langsung secara tatap muka. Untuk menarik calon pelanggan, kuncinya adalah memilih waktu yang tepat, bukan langsung mempromosikan produk bisnis kepada orang lain, tetapi mengajukan pertanyaan atau kebutuhan mereka terlebih dahulu, baru memberikan solusi.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap