Berita Politik Dalam Negeri

9 Fakta Kunjungan Mike Pompeo ke Indonesia

9 Fakta Kunjungan Mike Pompeo ke Indonesia – Pada hari Kamis, 29 Oktober 2020, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mendarat di negara tersebut dan disambut oleh banyak partai politik. Diantaranya Presiden Republik Indonesia (RI) di Istana Kepresidenan Bogor, Jokowi dan Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri RI.

9 Fakta Kunjungan Mike Pompeo ke Indonesia

Sumber : liputan6.com

freedomfchs – Selanjutnya, kunjungannya sarat dengan beberapa agenda penting terkait terjalinnya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat. Misalnya, dengan organisasi komunitas Islam terbesar di negara Nahdlatul Ulama untuk berpartisipasi dalam pertemuan Amzo Youth Movement (GP).

Dikutip dari pikiran-rakyat, berikut ini beberapa Fakta Kunjungan Mike Pompeo ke Indonesia:

1. Mike Pompeo Bertemu NU

Sumber : inews.id

Dalam pertemuan Menlu AS dengan PBNU di Jakarta pada 29 Oktober 2020, salah satu pembahasannya adalah tentang toleransi beragama di dunia internasional.

Dia berkata: ” Amerika Serikat dan Indonesia memiliki komitmen yang sama terhadap toleransi beragama, demokrasi, dan pluralisme. Saya bangga dapat memastikan pentingnya nilai-nilai ini di NU, organisasi Muslim terbesar di dunia. ”

2. Komentar Jokowi Soal Mike Pompeo

Sumber : cnbcindonesia.com

Menurut Presiden Joko Widodo, meski pandemi baru virus corona (Covid-19) terus berlanjut, kehadiran Mike Pompeo di Indonesia juga bisa mencerminkan hubungan kedua negara. Komitmen tinggi.

Ia juga mengatakan kemitraan antara Indonesia dan Amerika Serikat sangat strategis dan dekat.

“Kunjungan Anda (Mike Pompeo) selama pandemi (Covid-19) menunjukkan pentingnya kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat. Paling intensif,” ujarnya.

Baca juga : Deretan Stimulus yang Digelontorkan Pemerintah Selama 1 Tahun Pandemi

3. Mike Pompeo Mengaku Senang ada di Jakarta

Sumber : jateng.tribunnews.com

Saat Mike Pompeo pertama kali tiba di Indonesia, ia mengungkapkan perasaannya melalui akun Twitter @SecPompeo.

“Saya sangat senang bisa kembali ke Jakarta! Menantikan pertemuan dengan @jokowi Presiden dan Menlu @Menlu_RI untuk membahas visi bersama untuk #IndoPacific yang bebas dan terbuka serta pidato saya di @nahdlatululama dalam mendukung nilai-nilai kebersamaan wilayah. Kedamaian dan Kemakmuran, “tulisnya.

4. Menlu AS Bertemu GP Ansor

Sumber : beritadiy.pikiran-rakyat.com

Mike Pompeo juga memberikan pidato tentang agama dan peradaban pada Forum Amzo Youth Movement (GP) Forum di Jakarta.

5. Mike Pompeo Bahas Investasi di Indonesia

Sumber : antaranews.com

Dalam kunjungan tersebut, Mike Pompeo selaku perwakilan Amerika Serikat menyatakan siap mendukung rencana Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan investasi di Indonesia.

Dia mengatakan pada Kamis, 29 Oktober 2020: “Kami siap menggunakan cara Amerika untuk mempromosikan investasi sektor swasta, yang dapat mendukung rencana Presiden Widodo untuk menginvestasikan $ 325 miliar di lebih dari 250 proyek infrastruktur.”

Tidak hanya itu, ia juga mendukung sejumlah agenda reformasi yang ia harap dapat terus dilaksanakan.

Dia menambahkan: “Kami berharap Anda akan terus mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan birokrasi yang berlebihan, memberantas korupsi dan meningkatkan transparansi.

Kami setuju bahwa negara-negara dengan perekonomian seperti kami wajib melakukan lebih banyak perdagangan, dan bersama-sama kami dapat melakukannya di sini. Investasi lebih dari itu. yang dari Amerika Serikat. “

6. Singgung Laut China Selatan

Sumber : news.okezone.com

Seperti kita ketahui bersama, hubungan antara Amerika Serikat dan China dinilai merugikan Laut China Selatan yang juga berdampak signifikan terhadap negara tetangga.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Mike Pompeo rupanya berbicara tentang keamanan maritim guna melindungi jalur perdagangan dunia.

Dia berkata: “Saya berharap bisa bekerja sama dengan cara-cara baru buat memastikan keamanan maritim serta melindungi beberapa jalur perdagangan tersibuk di dunia.”

7. Mike Pompeo Soal Toleransi Beragama

Sumber : pikiran-rakyat.com

Menurut Sekretaris Negara AS, setiap orang yang mendukung agama yang berbeda harus hidup damai.

Indonesia sendiri adalah contoh positif yang dapat menunjukkan kepada dunia situasi ini.

“Faktanya, tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa Islam tidak dapat hidup berdampingan secara damai dengan Kristen atau Budha. Sejak reformasi agama 1998, Indonesia telah memberikan contoh positif kepada dunia tentang perbedaan aspek, ras dan ideologi yang berbeda. berkata: “Hidup berdampingan dengan damai.

Baca juga : Jokowi Sangat Berambisi Perbaiki Kinerja Ekonomi RI

8. Puji Peran Indonesia Dukung Perdamaian Afghanistan

Sumber : antaranews.com

Mike Pompeo menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia dan dapat memberikan perdamaian kepada Afghanistan.

Dia berkata: “Dan pastikan bahwa setiap pria dan wanita Afghanistan memiliki semua hak yang dia layak dapatkan.”

9. Sempat Bahas soal Pandemi Virus Corona

Sumber : nasional.kompas.com

Dalam wawancara tersebut, Mike Pompeo menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia dapat selamat dari masa sulit pandemi virus corona.

“Saya ingin meyakinkan rakyat Indonesia bahwa kita akan melewati masa-masa sulit ini bersama-sama. Lebih penting lagi, sektor swasta AS melakukan segala upaya untuk menghasilkan vaksin dan pengobatan yang efektif untuk mengalahkan virus yang mengerikan ini demi kepentingan rakyat kita dan rakyat kita juga dunia, “pungkasnya.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap